Gunung Pertamaku bernama Saraung

Awalnya penasaran, nah dari rasa penasaran itu gue mencoba untuk melakukannya. Mendaki. Sabtu pagi sekitar pukul 10 pagi kami sudah siap dengan tas masing masing yang sudah di packing. Gue, Mama, Kak Wandi dan temennya udah siap untuk melangkahkan kaki menuju MT.Saraung. Nggak usah gitu juga kali bacanya kalo gue bareng Mama gue nanjak, mama gue overprotective banget sama gue yah jadinya dia turut melindungi dalam pendakian pertama gue. Adapun kak Wandi dan temennya adalah anak Materpala Unhas, Kak Wandi ini dulunya siswanya mama gue waktu SMA. Oke udah penjelasannya saatnya menuju desa Terakhir. Bruuuuuuuuuuuum

Perjalanan dari Makassar sampai desa terakhir gunung saraung ini lumayan jauh, kita yang berangkat jam 10 tiba disana sekitaran jam 1 karena akses menuju desa terakhir ini juga lumayan extrim. Jalannya yang menanjak dan berbelok belok membuat sang pengendara harus berhati-hati apalagi ada jurang di kiri dan kanan. Dalam perjalanan gue juga hampir salah jalan sama rombongan karena Kak Wandi yang sok tau dan mengaku masih ingat jalannya padahal sok ingat -_-“. Tapi itu bukan masalah karena akhirnya kita tiba juga di basecamp.

Suasana di basecamp waktu itu lagi ramai banget, mulai dari yang udah senior sampai anak alay yang mencoba mendaki kek gue semuanya ada. Gue dengan wajah sok imut dan sok cantik (tapi emang imut dan cantik sih) mencoba sok akrab dengan beberapa pendaki yang berada di basecamp. Mau Pecinta Alam kek Penikmat Alam kek, pokoknya kalo udah di gunung tuh nggak tau kenapa kita semua kek udah akrab. Hmmm dari sini tiba tiba pikiran gila gue datang, gue mikir kalo misalnya gue PDKT di gunung pasti bakalan mulus banget rencana gue, secara yang gak ada niat PDKT aja akrab gimana kalo emang udah niat. Tapi ah lupain PDKT deh, saatnya minum air yang udah gue beli diwarung di basecamp ini. Glug glug glug (ini suara air yang melewati tenggorokan gue).

15 menit istirahat. Sholat dan membeli beberapa tambahan cemilan lagi kita ber4 udah siap buat mendaki. Diawali dengan berdoa yang dipimpian oleh Kak Wandi dan mengakhirinya dengan ucapan Amin, kami memulai melangkahkan kaki dan menuju pos 1.
Pasukan Gagah Berani

Awalnya tracknya masih landai, tapi perasaan dimana mana kalo mendaki awalnya emang landai kan?. Setelah melewat sawah dan melewati jembatan kayu yang kecil nah sampai juga di pos 1. Di pos 1 ini masih terbuka dan kita bisa melihat pemandangan desa yang asri di kaki gunung Saraung ini. Tracknya udah mulai Asyooooooi. Temennya kak Wandi yaitu kak Boy yang waktu itu jadi leader udah jauh di depan, gue agak kesusahan, mana lagi ngos-ngosan (gisel cemen uuuuh) tapi dengan semangat proklamasi dan kemerdekaan gue berjuang sampai titik darah terakhir menuju pos 2, gue balik cek kondisi mama gue dan gue kira gue adalah orang yang lambat ternyata mama gue dan kak Wandi masih di belakang gue sedang break karena capek. Hahahah. Mama sih ikutan :p . Gue neriakin kak Boy buat berhenti dulu sambil nunggu mama dan kak Wandi. Setelah sudah istirahatnya, kita berempat meneruskan perjalanan eh bukan tapi pendakian. Semakian nanjak semakin asyoooi tracknya, gue bisa bilang kalo nih gunung kecil kecil cabe rawit. Perjalanan dari pos 1 ke 2 sama aja, yaitu dengan dikit dikit break (maklum baru pertama mamen). Untungnya seminggu sebelum pendakian gue udah jogging jadi otot otot gue gak kaku.

Di Pos 3 kami break lagi dan di pos ini ada juga rombongan lain yang sedang istirahat. Semuanya cowok dan terdiri atas 5 orang, mereka semua baik dan friendly banget orangnya.Apalagi yang namanya Ichal tuh yang sumpah nggak ada 1 langkah pun gue gk ketawa pas nanjak bareng dia. Yup, kita memutuskan melanjutkan perjalanan dengan rombongan cowok tadi. Ramai ramai emang lebih seru dan berwarna. Nah ada tuh cowok gendut yang ikut dalam rombongan, dan biasa jadi bahan bullian para kita kita.  Gue dan Ichal paling depan dan selalu jalan berdua (cieeeee) eits, tapi gue bersyukur banget ketemu dia karena kalo gue capek dia bakalan nyemangatin gue, yah meskipun dalam perjalanan lebih banyak curhatnya tentang ceweknya yang model itu.
#selfiecantik #pos5

Udah jam 03.45 dan kita udah nyampe di pos 8, pos ini biasa disebut dengan pintu Angin, karena adanya tower dan dipos ini emang terbuka jadi kita bisa lihat pemandangan dengan leluasa. Namanya juga anak baru naik gunung yaiyalah gue taunya selfie ajeeeee. #sesekalinarsis #selfieperlu #yangpentingupload #biarcapekyangpentingselfie #hastaggaje #maafkan . Udah puas selfie cantik dan foto bareng kita lanjutin perjalanan menuju pos 9, di pos 9 nanti kita bakalan nge-camp. Nggak jauh dari pos 9 tiba-tiba Mama gue teriak panggil nama gue, sontak gue balik dan kaget ngelihat Mama gue lari nyamperin gue, ternyata dia pengen minta air minum, Mamaaa Maamaa kirain lihat mantan.
Pendaki Alay

Pemandangan pos 8

Sampai di pos 9 gue kaget banget pas lihat suasanya, sumpah ke pasar gitu. RAMEEEEEEEE. Kak Wandi kasih tau kalo malam minggu emang ramai gini. Waktunya nyari tempat buat berdiriin tenda biru eeeeh tenda camping madsudnya, akhirnya tempatnya kita di dekat batu besar dan pohon. Disamping tenda kita ada tenda dari anak Pakkampong. Komunitas anak pecinta alam di Maros. Mereka baik dan ganteng lagi. Setelah mendirikan tenda dan memasukkan semua barang di tenda kita ber4 memutuskan menuju puncak. Kok ber4? Ichal dkk mana?. Mereka nyari lahan di sisi lain dan jaraknya agak jauh dari kita, jadi kita mutusin ke puncak duluan aja.

Niat awal nyari Sunset nggak jadi, udah keburu gelap pas kita sampai di puncak (kemudian kecewa dan loncat eeeh cukup kecewa aja deh). Tapi itu nggak ngurangin keindahan di puncak kok, kita bisa lihat 3 kabupaten sekaligus disini, Maros, Pangkep dan Makassar serta kerlap kerlip lampunya. 15 menit dipuncak pada malam hari gue rasa cukup buat gue Ingusan dan pengen cepat cepat menikmati hangatnya tenda. Perjalanan pulang nggak mulus, karena tracknya yang miring serta bebatuan yang jika salah sedikit keknya udah mengantarkan kita ke Sang Pencipta. Mengingat dosa gue masih banyak jadi gue nyari aman aja dengan turun manja yang super hati-hati pake hati dan perasaan. Jreeeeng jreeeeng akhirnya sampai juga di rumah sementara gue, dan tambah A B C D gue udah mulai memasak dengan ajaran Kak Wandi, karena dalam menggunakan Nesting dan Portable belum gue tau makanya gue diajarin. Namanya juga pertama belajar yah wajarlah Nasi gue gosong dan Ikan Kaleng gue jadi aaah you know lah, bikin ilang nafsu makan. Nyokap gue yang tadinya di tenda dan nggak tau kalo gue daritadi yang masak langsung bilang ke Kak Wandi kalo jangan pernah nyuruh gue masak karena di rumah emang gue taunya cuman masak Indomie dan Air guys hehe (Calon Istri yang langkah).

Setelah makan dengan makanan yang sangat tidak memuaskan kita kemudian nongkrong cantik di depan tenda, bareng temen KPA Pakkampong dan Ichal dkk yang udah gabung dan semakin malam suasananya makin ramai cuuy, bahkan di sudut sana ada yang Jaming (anak renggea banget cuy) dengan iringan gitar dan gimbe. Kita sih cuman tertawa bareng dengan secangkir kopi dan suasana dingin aja udah bahagia banget sih.
Nongkrong cantik

Malam semakin larut, selarut cintaku kepadamu #eaaaaa. Mata udah mulai ngasih kode kalo dia udah lelah dan pengen istirahat. Akhirnya kak Wandi, Kak Boy dan Mama tidur memutuskan buat bobo duluan sedangkan gue pengen nungguin kak Sulfian (next time lah gue cerita dia siapa) yang SMS gue kalo dia udah dekat dari Pos 9, iyya di gunung ini ada signal bro jadi kalo ilang lo tinggal nelfon aja. GPL mereka udah sampai, awalnya cuman Kak Sulfian yang gue tau, tapi setelah ngopi dan beradaptasi gue udah langsung akrab sama mereka semua, bahkan salah satu yang dirombongannya ada yang Namanya Aldi, dia adek kelas gue dan sekarang dia udah jadi mantan gue tapi gue masih sayang sama dia (bapeeer). Ada wa’nimbank yang gokil parah, kak cadel, kak chady dan kakak kakak lainnya yang gk kalah seru.

Setelah ketawa lepas bareng mereka gue pamitan dan bilang gue pengen ke tenda buat bobo karena udah lelah nungguin kepastian dari kamu eeeh madsudnya udah lelah seharian nanjak. Gue pun masuk tenda yang di dalamnya udah ada mama yang nyenyak tidurnya dengan Sleeping bag. Gue ikut bergabung dan memasuki dunia mimpi.

SEMANGAT MELIHAT SUNRISE
            Jam 5 subuh gue udah bangun, beda pas dirumah yang jam bangun gue diatas jam 12. Gue langsung bangunin Mama buat sunrise tapi keknya mama pengen shalat subuh dulu, tanpa basa basi gue langsung lari menuju puncak, Kak Wandi yang lihat gue nyusulin gue karena takut gue kenapa kenapa. Jadilah gue ber2 Summit dan pas sampai di puncak gue speechless banget karena ini the first time gue baru lihat dengan mata kepala gue yang namanya “Samudra diatas Awan” sontak gue kek gimana gitu. Kak Wandi langsung nyingung gue sambil bercanda bilang “Kok bengong, selfie dong” yang sontak membuat gue kaget. Berselfie ria di puncak dengan latar Sunrise dan Samudra diatas Awan adalah moment yang gue idam idamkan geeeengs.
Akhirnya

Puncak

Setelah puas foto dan lebih memilih buat duduk nyantai aja, gue heran lihat kelakuan orang yang dengan seenaknya buang sampah kertas dengan beraneka ragam tulisannya, mulai dari yang ngajakin pacarnya sampai yang ngasih neneknya salam dari puncak gunung semuanya dibuang gitu aja. Gue harap aja di pendakian gue berikutnya gue nggak nemu ginian. Amiiin.

eh kertasnya kembali ke kamar gue kok
Tiba tiba aja Mama gue datang bareng Kak boy, dia yang belum sempat berfoto menyuruh gue jadi photografernya. Udah puas foto dan cuci mata kita berempat mutusin turun buat siap siap packing dan pulang. Gue yang duluan sampai dibawah nggak langsung ke tenda, tapi jalan jalan ke tendanya Kak Sulfian dan Ichal dkk buat sekedar Nikmatin kopi, coki-coki dan Roti. Ah Indahnya. Udah puas bercengkrama dengan gue balik ke tenda dan ternyata Mama,Kak Wandi dan Kak Boy udah Packing duluan dan udah beres, Hahah maafkan aku yang selalu ingin bersosialisasi sampai lupa packing hahah.

Sebelum pulang gue ke tenda rombongan Kak Sulfian dkk, Ichal dkk dan Tetangga tenda gue anak Pakkampong buat pamit pulang dan saling tukar sosmed (dasar emang gue) buat lebih akrab.

Big Bos

Senior Banget
Perjalanan pulang berjalan dengan mulus sampai kita tiba di base camp dan memutuskan buat makan dulu mengingat dari pagi belum makan ternyata, meskipun masih ada tersisa nasi yang gue masak tapi gk ada yang minat makannya. Udah makan dan siap-siap saatnya kembali ke Makassar dan bersiap melakukan aktivitas rutin dengan pacar yang baru eeh semangat yang baru.

Makasih Saraung sudah membuatku merasakan namanya pendakian, persaudaran dan kebersamaan. J